Home > Lain-lain > Operating System > Konfigurasi Virtual Host Multiple Domain Pada Xampp

.

3 Komentar Untuk Artikel Ini BYAdmin Ilmuwebsite

Bagi Anda yang seringkali bercoding ria dengan menggunakan php, ataupun code igniter, ataupun framework php lainnya mungkin pernah berurusan dengan yang namanya virtual host, virtual host sebetulnya merupakan satu buah fitur dari apache webserver yang memungkinkan komputer yang terinstall apache didalamnya memiliki banyak domain dengan menggunakan satu IP saja. Developer membutuhkan fitur ini ketika dia harus berurusan dengan banyak domain dikomputernya. Sebetulnya hasil akhirnya nanti adalah ketika seorang user masuk ke dalam domain www.domain1.com maka tampilan website yang diakses adalah tampilan domain1.com, begitu juga dengan www.domain2.com maka tampilan website yang diakases adalah tampilan domain1.com. Namun bagaimana cara melakukannya??

Aplikasi yang akan kita gunakan adalah Xampp. Xampp merupakan webserver paketan yang didalamnya telah tersedia apache, dengan interpreter php, dan database mysql di dalamnya. Bagi Anda yang belum memiliki xampp, silahkan download xampp disini.

Baik, terdapat dua langkah yang harus Anda lakukan agar xampp di PC/laptop Anda mampu menjalankan multiple domain, pertama adalah melakukan setting pada host file, letak host file tersebut ada di D:WINDOWSsystem32driversetchosts, dan yang kedua adalah melakukan konfigurasi file httpd-vhosts.conf, yang berada di C:xamppapacheconfextrahttpd-vhosts.conf.

Yang pertama harus dilakukan adalah silahkan buka file file hosts yang terletak di D:WINDOWSsystem32driversetchosts dengan menggunakan editor kesayangan Anda, bisa menggunakan notepad, notepad++. Misalkan kita akan menambahkan domain www.wakafquran2.org dan www.bppt.com.

Cukup isikan ini di dalam file hosts.

127.0.0.1?????? localhost
127.0.0.1?????? www.bppt.com
127.0.0.1?????? www.wakafquran2.org


Lakukan save. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengedit file httpd-vhosts.conf, yang berada di C:xamppapacheconfextrahttpd-vhosts.conf, direktorinya disesuaikan dengan drive dimana Anda menginstall xampp, standarnya xampp itu terletak di C:. Buka file httpd-vhosts.conf dengan menggunakan notepad, lalu tambahkan di dalamnya seperti ini :

<VirtualHost *:80>
ServerAdmin admin@wakafquran.org
DocumentRoot “D:xampphtdocswakafquran.org”
ServerName www.wakafquran2.org
ServerAlias http://www.wakafquran2.org
<Directory “D:xampphtdocswakafquran.org”>
Options -Indexes
Options FollowSymLinks
AllowOverride All
</Directory>
</VirtualHost>

<VirtualHost *:80>
ServerAdmin admin@bppt.com
DocumentRoot “D:xampphtdocsbppt”
ServerName www.bppt.com
ServerAlias http://www.bppt.com
<Directory “D:xampphtdocsbppt”>
Options -Indexes
Options FollowSymLinks
AllowOverride All
</Directory>
</VirtualHost>

kemudian save, dan restart apache di xampp-control panel.
Jika berhasil maka dua domain tersebut diakses dengan tampilan berbeda sesuai dengan tampilan masing-masing. Selamat Mencoba.

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



3 Response untuk Artikel Ini

  1. luki

    mas itu udah bisa diakses di semua komputer/laptop ga ?


  2. fai

    sepertinya itu hanya di PC yang diseting. kalo dari pc lain ga bisa lo.. :-)


  3. vps murah

    Itu memang berjalan di local. Jika berjalan di network, bisa juga di akses. Ex. 192.168.1.5, bisa di share ke semua network jg, dengan catatan editing host pada pc user harus di arahkan ke host masternya.


You must be logged in to post a comment.

eXTReMe Tracker