Home > Lain-lain > News Website > Cara Membuat Website , Jalan Terbaik Untuk Pemula

.

23 Komentar Untuk Artikel Ini BYAdmin Ilmuwebsite

Artikel ini sengaja saya tulis sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan para pemula yang baru akan menginjakkan kakinya di dunia web development. Cara Membuat Website. Saya yakin banyak sekali di antara pengunjung sekalian yang bertanya-tanya seputar “Bagaimana sih cara membuat website?”. Ini adalah pertanyaan global yang begitu universal. Karena sebetulnya website adalah hasil pekerjaan yang sudah diselesaikan sebagai satu kesatuan. Cara membuat website Kurang dari 1 Menit Langsung Online GRATIS!Karena banyak sekali tahap-tahapan dalam cara membuat website yang di mana hal ini mengharuskan Anda untuk mempelajari satu demi satu tahapan tersebut, hingga menjadi advanced karena latihan yang terus dilakukan berulang-ulang. Karena cara membuat website yang penuh dengan pengorbanan inilah yang menjadikan Anda seorang yang advanced.

Selama saya menjadi seorang Web Development Trainer di Ilmuwebsite Training Center dan selaku dosen di Ilmuwebsite Training Center mengajar web development , bertemu dengan berbagai tipe orang dengan daya tangkap yang berbeda-beda dalam menyelesaikan materi pembelajaran, namun semuanya memiliki pertanyaan sederhana yang sama, “bagaimana cara membuat website profesional? Apa yang harus dilakukan dalam membuat website ? Bagaimana tahapan cara membuat website?” Yang hal itu akan dibahas pada artikel kali ini.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, dua jenis website berdasarkan penggunaan, 1. website statis, 2. website dinamis.

Website Statis
Website jenis ini ada sebagai pendahulu, tidak lama ada setelah awal ditemukannya internet, karena teknologi per-website-an pun di awali dengan website statis ini, namun saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan website jenis ini sebagai company profile berbentuk online. Di mana perusahaan tersebut tidak membutuhkan adanya update daily, atau update weekly berbentuk artikel atau pun berita. Yang paling menonjol dari website statis adalah untuk mengubah isi dari suatu website Anda harus tahu betul bahasa pemrogaman HTML & CSS dan Javascript, karena untuk melakukan update, Anda harus membuka filenya lalu mengetikkan kode-kode HTML kemudian menyimpannya kembali ke dalam file jenis *.html. Cara membuat website seperti sangat merepotkan bukan? Memang! Dan tidak wajar.

Website Dinamis
Website dinamis sampai kapanpun akan tetap menjadi hal yang menarik dalam web development, karena didalamnya berisi database. Database ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, tentunya berisi informasi, berisi artikel, berita, info user, dan lain sebagainya. Contoh website dinamis adalah www.ilmuwebsite.com, facebook dan google pun merupakan contoh website dinamis, atau layanan membuat website gratis www.kaffah.biz pun menggunakan jenis website ini. Website dinamis ini merupakan perpaduan Antara bahasa yang digunakan oleh website statis, yakni HTML & CSS beserta javascript dengan bahasa yang mampu menangani server dan juga pengelolaan database, lebih di kenal dengan server side language. Apa saja yang termasuk server side language? PHP dengan MySQL sebagai databasenya, ASP.net dengan MySQL Server sebagai databasenya, java servlet page dengan oracle sebagai databasenya dan lain sebagainya. Untuk mengupdate konten, mengubah isi suatu website, Anda tidak perlu lagi membuka file kemudian merubah isi file tersebut, dalam website dinamis, Anda cukup saja login sebagai admin , lalu silahkan update dalam fasilitas admin. Simple dan cepat. Namun pengorbanannya adalah untuk membuat website seperti ini memang diperlukan waktu yang lama, sekitar 3 minggu – 2 bulan, bergantung kerumitan fitur website, dan ada beberapa bahasa pemrogaman yang harus Anda ketahui. Cara membuat website seperti inilah yang direkomendasikan.

Tahapan Seorang Web Developer
Saya tidak akan berpanjang lebar menjelaskan tahapan cara membuat website, karena semua hal yang dibutuhkan sudah tersedia di website ini. Ilmuwebsite.com, ebook, artikel, ezine, semuanya sudah lengkap, tinggal bagaimana Anda mencermati, mempraktekan, dan mengaplikasikannya dengan sangat-sangat baik.

Berikut adalah tahapan yang paling baik, selama 9 tahun saya menggeluti dunia web development:

Tahapan Pertama, yang perlu Anda ketahui di awal dalam cara membuat website adalah bagaimana membuat halaman website sederhana, yang di dalamnya ada link yang berhubungan antara satu halaman dengan halaman lain, kemudian di dalamnya ada gambar/image/photo, bisa Anda pelajari dalam buku yang sudah kami buat, yang bisa Anda download secara gratis Buku HTML CSS Fundamental Dari Akar Menuju Daun http://www.ilmuwebsite.com/ebook/ebook-html-css-fundamental-dari-akar-menuju-daun, dalam buku ini Anda akan di ajarkan mulai dari tidak bisa sama sekali, hingga membuat tampilan website yang sangat cantik, bergantung kreatifitas Anda, tapi ingat semakin banyak anda membaca, semakin banyak referensi, semakin banyak Anda bisa, semakin Anda cerdas, semakin meningkat level Anda sebagai web developer, yang berdampak kepada semakin banyak pendapatan yang bisa Anda dapatkan :D, saya serius. Silahkan langsung mendownloadnya di sini http://www.ilmuwebsite.com/ebook-html-css-fundamental-dari-akar-menuju-daun.

Dan Anda bisa mendapatkan tips trik seputar HTML & CSS, di website ini, http://www.ilmuwebsite.com/belajar-html-css-ilmuwebsite, ini bisa di pelajari setelah Anda menamatkan buku yang tadi.

Tahapan Kedua, setelah Anda menamatkan tahapan cara membuat website bagian pertama Anda bisa membuat website Anda lebih atraktif, memberikan dengan animasi slide content, tombol yang berubah-ubah, dan efek-efek animasi yang ‘wah’, cukup mempelajari Javascript, tapi saran saya silahkan langsung mempelajari javascript library, yaitu JQuery jalan terbaik dan termudah, silahkan klik link ini setelah Anda menamatkan buku di tahapan pertama, http://www.ilmuwebsite.com/belajar-jquery-ilmuwebsite,

dan http://www.ilmuwebsite.com/menengah/web-desain-development/tutorial-jquery cari informasi sebanyak mungkin, yang bisa mengantarkan Anda untuk mahir dalam Jquery ini.

Tahapan Ketiga, setelah Anda menamatkan tahapan pertama dan cara membuat website bagian kedua, segera melanjutkan ke dalam bagian ini. Ini adalah tahapan paling serius, mempelajari bahasa pemrogaman server side, yang bisa menjadikan Anda seorang web developer handal, yang betul-betul serius. Silahkan download buku PHP & MySQL saya berjudul Menyelam dan Menaklukan Samudra PHP, Anda bisa mendownloadnya secara gratis di sini http://www.ilmuwebsite.com/ebook-php-free-download,

Telah di download sebanyak lebih dari 300.000 kali, sudah ratusan orang yg memberikan testimoni. Ini adalah buku pemrogaman PHP tingkat pemula hingga menengah. Di buku ini Anda akan diajarkan bagaimana menjadi seorang web developer handal. Yang mampu merealisasikan konsep menjadi kenyataan. Dan satu lagi, setelah Anda menamatkan buku tersebut, silahkan mempelajari lebih lanjut tutorial pembelajaran PHP dan MySQL menengah hingga mahir (intermediate to advanced) di sini http://www.ilmuwebsite.com/belajar-php-mysql-ilmuwebsite .

Bagi Anda yang kesulitan mendownloadnya kami menyediakan Ilmuwebsite versi Offline, Berisi 3 CD materi , namun membuat Anda jadi jauh lebih mudah dan terstruktur dalam mempelajari web design dan web development, mengantarkan Anda menuju web developer handal! Materi berupa video tutorial dan teks, berisi pembelajaran 1. HTML CSS, 2. JQuery, 3. PHP & MySQL, 4. PHP Framework CodeIgniter, 5. Mastering Joomla, 6. Mastering Wordpress. Dilengkapi File Latihan, dan Contoh Kasus. Klik disini untuk memesan Ilmuwebsite Offline (Materi FULL Mempelajari Dunia Web Development dan Web Design Jauh Lebih Mudah)

 

Tahapan Keempat, setelah Anda mempelajari cara membuat website tahap 1, 2 dan 3, langkah selanjutnya adalah mempelajari PHP Framework, seperti CodeIgniter. PHP Framework memudahkan Anda untuk membuat aplikasi skala besar, kompleks, dan powerfull, namun jauh lebih mudah dalam membuatnya karena konsep MVC dalam PHP Framework. Untuk pemula saya sarankan terlebih dahulu mempelajari CodeIgniter. Untuk lebih jauh mengenai MVC ANda bisa mempelajarinya di sini http://www.ilmuwebsite.com/mengapa-oh-mengapa-menggunakan-php-framework,

kemudian untuk mempelajari CodeIgniter silahkan terlebih dahulu melihat video CodeIgniter di sini http://www.ilmuwebsite.com/belajar-codeigniter-bagian-1-mvc-pada-codeigniter

Tahapan kelima, menggunakan kemampuan Anda menggabungkan semuanya, yang pada akhirnya Anda akan bertemu dengan teknologi ajax, xml, web service, pemrogaman web untuk mobile dan lain-lain sebagainya, itu semua sudah bisa Anda lakukan dengan basic yang kuat, jika tahapan pertama sampai tahapan ketiga sudah Anda tamatkan, dan jangan lupa, berlatih terus menerus, berulang-ulang. Cara membuat website / web development tidak Instant. Butuh pengorbanan waktu dan tenaga.

Hingga Anda tidak sadar, Anda sudah berada di puncak pengetahuan bidang ANda. :-).

Selamat memeras keringat, mempelajari cara membuat website dengan mantap. Salam.

Loka Dwiartara
Staff Ilmuwebsite

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



23 Response untuk Artikel Ini

  1. GUnawan

    terimakasih sudah mau berbagi untuk para programmer pemula.
    terus berkarya Indonesiaku…
    ilmuwebsite is the best :)


  2. arkaf techno

    Terima kasih banyak. :)


  3. r1K13n

    mantap tahap demi tahap harus dilalui… dan siapkan kopi berisi semangat membara untuk membuka mata dan menyelisik setiap kode-kode seakan tak berhenti mengajak mu bermain……. semangat makasi mas loka..


  4. Jefry

    terima kasih atas arahannya, izin membookmark tuliasan anda ini..


  5. vickyboys

    hp saya jadul, jadi tidak bisa memutar yang saya downlod tadi. Gimana solusinya??


  6. suatril

    terima kasih, sudah mau berbagi, semoga masyarakat indonesia dapat lebih maju lagi didunia website.


  7. hendar

    Terima kasih, telah berbagi dengan calon programmer, mudah-mudahan bisa bermanfaat.


  8. Yudha

    ilmu yg sangat bermanfaat, terimakasih banyak.


  9. wahyu

    numpang ngambil ilmunya gan..


  10. Andika

    wah, jadi bingung pilih bahasa pemrograman.


  11. tutorial komputer

    wah bray .. bisa liad dech tetang web ni


  12. Ilham rezky

    Ilham


  13. Pembuat Lagu Motivasi

    Wah Terimakasih mz tutorial ny udah saya download dan insyaallah saya pelajari … Go semangat webmaster … maklum udah diajari dikul tapi masih kurang mateng


  14. Blogger Solo

    Mantap gan artikelnya…full tutorial yang menarik untuk dibaca dan dipelajari.


  15. Adinn mj

    gan blah ikut gbung sya ingn bljar ni..slam knal all


  16. Aditya

    nah ini yg saya butuhkan,step by step yg jelas :).Terima kasih mas Loka.semoga semakin menginspirasi.


  17. vivix shaklee

    memang harus dimulai dari jika ingin menjadi web developer yang handal dan tentunya dengan fokus. terimakasih informasinya


  18. dendi

    Terima Kasih banyak atas ilmu nya
    saya berencana mempelajari pembuatan website, saya sangat buta sekali mengenai website ini. dengan adanya ilmuwebsite.com semoga pengalaman saya terus bertambah.

    terima kasih banyak.


  19. INRI

    ok.. tq… aq mulai belajar nih..


  20. Muhammad Aziz

    Thanks banget udah sharing ilmunya .
    semoga ilmunya bermanfaat bagi yang sharing maupun yang belajar dari website di sini .


  21. Agustiar R

    Post ini yg gw cari2 selama ini, singkat tapi jelas tahapannya dan jdi bikin semangat bwt mempelajari tahap demi tahap. Makasi mas udh share ilmunya, smoga ilmunya bisa trus bermanfaat bagi masyarakat. amin


  22. fatkhur

    posting tentang membuat template blogger donk? saya sudah pernah tetapi banyak gagalnya dari berhasilnya.

    makasih udah share ilmunya


  23. allarik fulfian

    terimalah aku sebagai anak muridmu


You must be logged in to post a comment.

eXTReMe Tracker