Home > Misc > Berkenalan dengan Teknologi “Indra ke Enam”

.

2 Komentar Untuk Artikel Ini BYAwan

Aplikasi dari SixthsenseAssalamu’alaikum para pembaca sekalian. “Perkembangan mesin lebih cepat dari apa yang kita bayangkan”. Begitulah kira-kira apa yang ada pada dialog film Terminator Salvation. Ya, memang itu terjadi. Contohnya teknologi yang satu ini. Bernama resmi Sixth Sense. Alat ini merupakan perpaduan antara kamera, proyektor, dan juga cermin.

Bila kita review pengalaman hidup kita, maka kita akan sadar bahwa kita mengenal dunia ini menggunakan Indera. Alloh SWT membekali kita dengan Panca indera (5 Indera). Yaitu mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, kulit untuk merasakan, lidah untuk mengecap, dan hidung untuk penciuman. Dengan indera itu kita melihat apa itu laptop, merasakkan mana tombol h mana tombol g dengan jari jemari kita, mendengar musik kesukaan kita, merasakkan nikmat dan harum teh melati saat kita bekerja didepan laptop tersebut. Itu baru hanya bekerja dengan laptop ditemani teh melati, masih banyak lagi yang bisa kita lakukan menggunakan Pancaindera.

Kini, sedang dikembangkan sebuah alat yang dinamai dengan Sixthsense atau indera ke enam. Mengapa dikatakan demikian? Bila kita melihat hasil dari aplikasi yang dilakukan alat ini, maka mungkin kita akan menyetujuinya. Misalnya pada saat kita membaca koran didepan kita, alat ini mendeteksi koran dengan kameranya, lalu menampilkan informasi dinamis mengunakan proyektornya, lalu kamera mengenali gerakkan jari kita sebagai instruksi layaknya mouse. Jari tersebut dipakaikan sejenis cincin berwarna sebagai point pengenal pada kamera.

Nah itu baru aplikasi pada koran, alat ini juga sangat bermanfaat saat kita berada di supermarket. Kita mendekatkan barang-barang yang kita inginkan, misalnya sekotak susu, lalu kamera mengenalinya sebagai objek, lalu proyektor menampilkan informasi produk tersebut. Dan tidak hanya informasi, tapi kita juga bisa memilih-milih opsi apa saja yang ada dengan mengklik-klik pada kotak tersebut layaknya sebuah touchscreen.

Lalu pada bidang fotografi, dengan mengangkat tangan kita pada posisi tertentu sebagai isyarat, kita bisa mengambil gambar pemandangan yang kita inginkan.

Ya, begitulah teknologi Sixthsense yang telah ditemukkan dan sedang dikembangkan. Anda bisa melihat detailnya pada url ini. Mungkin anda berfikir, bagaimana bila Skynet pada film Terminator benar-benar akan terjadi? Kita semua akan dijajah mesin dan sistem hidup kita akan terancam. Tenang sob, mesin-mesin adalah mesin. Sistem politik buatan manusia saja kacau balau begini apalagi sistem mesin. Manusia mempunyai naluri, sedang mesin tidak. Tapi naluri itu mesti disiram oleh wahyu Tuhan agar tetap fitrah.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum.

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0813 1167 5785, atau bisa pesan secara online di sini)



2 Response untuk Artikel Ini

  1. […] Lihat Berita Seluruhnya di Tutorial Belajar Website PHP MySQL ASP.Net Photoshop Coreldraw Flash Template […]


  2. Rita

    info yang bagus :)


eXTReMe Tracker